Muliana, Diana (2021) EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L) DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.
Text
DIANA MULIANA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Abstrak.pdf Download (95kB) |
Abstract
Cabai merupakan komoditas holtikultura unggulan nasional yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Kecamatan Suralaga adalah sentra penghasil cabai rawit di Kabupaten Lombok Timur. Permasalahan utama adalah fluktuasi harga, harga cabai rawit yang tidak stabil, tidak adanya jaminan harga yang pasti terutama pada saat panen raya.. Hal ini disebabkan oleh banyaknya petani yang mengusahakan tanaman cabai rawit sehingga pada saat melakukan pemasaran akan terjadi selisih harga yang sangat besar di tingkat lembaga pemasaran yang menyalurkan komoditas cabai rawit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran cabai rawit, besar biaya, keuntungan, marjin pemasaran cabai rawit dan tingkat efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran, yang bertempat di kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi dan pelaksanaannya dengan teknik survei. Sampel responden adalah petani berjumlah 30 orang dengan metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (purposive sampling), dan pedagang yang dijadikan responden diambil dengan cara bola salju (snowball sampling). Farmer’s share perbandingan antara harga yang diterima produsen dengan harga yang diterima konsumen. Jenis data dalam penelitian ini secara umum digunakan dua jenis, yaitu data kuantitaf dan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat II saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Suralaga. Saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Suralaga efisien. Hal ini didasarkan dari hasil penelitian efisien pemasarannya adalah terdapat pada saluran I dengan Ep 26.21 %, Sedangkan pada saluran pemasaran II dengan Ep 33.48 %.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Pemasaran, Cabai Rawit |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Editor Perpustakaan UGR |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 09:28 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:08 |
URI: | http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |