PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA TARBIYATUL MUSLIMIN DASAN MAALAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012 / 2013

Aini, Wardatul (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA TARBIYATUL MUSLIMIN DASAN MAALAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012 / 2013. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
WARDATUL AINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Mind Mapping untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Ekonomi Akuntansi siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Maalan Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Malan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 3 kelas yakni kelas XA, XB dan XC. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan simple random sampling, dan yang terpilih sebagai sampel adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji t. Setelah analisa data dilakukan, diperoleh harga t hitung = 13,989 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikasi 5% dengan dk=78. Karena t hitung>ttabel (13,989>1,99) maka H0ditolak dan H aditerima yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mappingberpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar Ekonomi Akuntansi siswa kelas X MA Tarbiyatul Muslimin Dasan Maaalan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:08
Last Modified: 21 Aug 2022 16:16
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item