PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL PEMBERIAN SOAL – SOAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA MARAQITTA’LIMAT WANASABA LOTIM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013

Padillah, Nurul (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL PEMBERIAN SOAL – SOAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA MARAQITTA’LIMAT WANASABA LOTIM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
NURUL PADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Setiap tenaga pengajar (guru) mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan tugasnya. Guru dalam memilih metode mengajar bukanlah suatu yang mudah, karena kemampuan akademik siswa di dalam tidak mereta (heterogen). Sehingga guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, inovatif dan produktif. Oleh karna itu dalam penelitian ini, dengan menerapkan metode drill pemberian soal-soal akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen sedangkan pendekatan yang di pakai adalah pendekatan kuantitatif . Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Maraqitta’limat Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data- data prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikans antara metode drill dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Maraqitta’limat Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus uji-t ternyata t-hitung lebih besar dari t-tabel yakni nilai t – hitung, diperoleh nilai sebesar 4,96, kemudian nilai t – tabel dengan derajat kebebasan (dk) N1 +N2 – 2 = 38 + 37 – 2 = 73. Pada taraf signifikansi 5%,maka t- tabel menunjukkan angka 2,00. Dari hasil ini berarti bahwa t-hitung > t –tabel yaitu dengan taraf 5% (2,89>2,00) ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi adanya pengaruh penerapan metode drill pemberian sosl -soal akuntansi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Maraqitta’limat Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode drill sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:18
Last Modified: 21 Aug 2022 15:57
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item