PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PELAJARAN EKONOMI DI MA DARUSSHOLIHIN NW KAKLIJGA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Musta'in, Musta'in (2014) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PELAJARAN EKONOMI DI MA DARUSSHOLIHIN NW KAKLIJGA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MUSTA'IN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Ekonomi Di Ma Darussholihin Nw Kaklijga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pembelajaran Ekonomi di MA Darussholihin didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah dan pemberian tugas, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan siswa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan Pengaruh Pendekatan Keterampilan ProsesTerhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Ekonomi Di MA Darussholihin Nw Kaklijga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas Xc sebagai kelompok eskprimen yang jumlahnya 31 orang siswa dan kelas Xd sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 84,68, sementara pada kelompok kontrol nilanya 63,22. dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 12,48 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,998 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Ekonomi Di Ma Darussholihin Nw Kaklijga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:01
Last Modified: 21 Aug 2022 07:32
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item