PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI MA NW PADASUKA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 KABUPATEN SUMBAWA NUSA TENGGARA BARAT

Zohriani, Zohriani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI MA NW PADASUKA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 KABUPATEN SUMBAWA NUSA TENGGARA BARAT. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
ZOHRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Eknomi Pada Siswa Kelas XI di MA NW Padasuka Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Smbawa Nusa Tenggara Barat. Model pembelajaran Ekonomi di MA NW Padasuka didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah dan pemberian tugas, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan siswa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI MA NW Padasuka Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI A sebagai kelompok eskprimen yang jumlahnya 27 orang siswa dan kelas XI B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 82,40, sementara pada kelompok kontrol nilanya 66,85. dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 6,015 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,684 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa pada Kelas XI di MA NW Padasuka Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Konstruktivisme, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:35
Last Modified: 21 Aug 2022 08:24
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item View Item