PENGARUH MEDIA TEKNOLGI INFORMASI DAN KOMUNKASI (TIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MA NW KOTARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Arianti, Dewi (2015) PENGARUH MEDIA TEKNOLGI INFORMASI DAN KOMUNKASI (TIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MA NW KOTARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
DEWI ARIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (82kB)

Abstract

Kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, memiliki etos kerja yang baik, bangga menjadi guru, memiliki rasa percaya diri dan berakhlak mulia. Penguasaan kompetensi kepribadian guru memiliki arti penting, baik bagi guru yang bersangkutan, sekolah dan terutama bagi siswa. Dengan adanya kompetensi kepribadian guru tidak lepas dari kegiatan dalam pembelajaran yang dapat ditunjukkan melalui minat, sikap pada saat KBM berlangsung dan keaktifan siswa. Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus menerus yang disertai rasa senang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa dengan menngunakan metode ex post facto dengan rancangan penelitian survey. Insntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kisi-kisi soal untuk mengukur kompetensi guru dan minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA NW Tanak Maik Kecamatan Masbagik tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 80 siswa. Sampel untuk penelitian ini sejumlah 30 siswa kelas XI yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik sampel secara acak (classter random sample). Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kompetensi kepribadian guru ekonomi dan minat belajar siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product momentdan selanjutnya dilakukan uji t sehingga dapat diketahui pengaruh yang signifikan dari kedua variabel tersebut yang dibuktikan dengan rhitung = 0,689 sedangkan r-tabel=0,374 dan t-hitung =5,029 sedangkan ttabel =1,701. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa nilai korelasi antara kompetensi kepribadian guru dan minat belajar siswa adalah rhitung = 0,689 > rtabel= 0,374 dan t-hitung = 5,029 > ttabel = 1, 701. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA NW Tanak Maik Kecamatan Masbagik Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru dan Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:54
Last Modified: 21 Aug 2022 06:06
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item