PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TERARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kusuma, Diana Febrianti Ratna (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TERARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
DIANA FEBRIANTI RATNA KUSUMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Terara Tahun Pelajaran 2015/2016 Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 2 Terara tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini yang menjadi sampelpenelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Terara, Terdapat tiga variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu Lingkungan Keluarga (X1), LIngkungan Sekolah (X2), dan Motivasi Belajar (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisa deskriptif persentasi dan teknikregresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan garis linier Y = 16,300 +0,304(X1) + 0,128(X2) + e, menunjukkan bahwa lingkungan keluarga (XI) berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar siswa. Dengan nilai t hitung sebesar 2,589 lebih besar dari t tabel = 2,02439. Dalam hal ini Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai signifikan 0,023 < 0,05, hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar. Dan untuk lingkungan sekolah (X2) juga berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2,592 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02439. Dan Secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar di SMP Negeri 2 Terara. . Hal ini dapat di lihat dari nilai persamaan regresi yaituY = 16,300 +0,304(X1) + 0,218(X2) + e. Dengan menggunakan uji fhitung adalah 9,805

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:57
Last Modified: 21 Aug 2022 06:08
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item