PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN BIMBINGAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Herni, Herni (2015) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN BIMBINGAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
HERNI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa dan bimbingan guru pada mata pelajaran ekonomi, mengetahui prestasi belajar ekonomi siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar, dan bimbingan guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pringgasela. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pringgasela Kec. Pringgasela tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Pringgasela, Terdapat tiga variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu Disiplin Belajar (X1), Bimbingan Belajar (X2), dan Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Instrumen yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah nilai raport. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik dan teknik regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar (XI) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan nilai t hitung sebesar 2,177 lebih besar dari t tabel = 2,037. Dalam hal ini Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai signifikan 0,037<0,05, yang berarti apabila siswa disiplin terus dikembangkan maka akan bisa mendukung tercapainya prestasi yang tinggi. Prestasi belajar siswa disamping dipengaruhi oleh disiplin belajar juga dipengaruhi oleh bimbingan guru, bimbingan guru (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y). Dengan nilai t hitung sebesar 2,951 lebih besar dari t tabel = 2,037, Dengan nilai signifikan 0,049<0,05, yang berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh bimbingan guru terhadap prestasi belajar ekonomi diterima. Kemampuan guru dalam membimbing siswa juga dapat menunjang prestasi. Hal ini menegaskan bahwa variabel bebas (X1) dan (X2) memberikan pengaruh positif bagi prestasi (Y) belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringgasela tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Bimbingan Guru, Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:02
Last Modified: 21 Aug 2022 06:17
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item