HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs. AL-KHAIRIYAH NW PUTRA RAJAK KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Assubakti, Mahli (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs. AL-KHAIRIYAH NW PUTRA RAJAK KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MAHLI ASSUBAKTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan lingkungan sekolah Dengan Motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Secara operasional yang dimaksud dengan lingkungan sekolah adalah lingkungan yang berkaitan dengan fisik dan non fisik, lingkungan fisik adalah segalasesuatu yang berkaitan dengan saran dan prasarana yang ada di sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium, ruangan kelas, dll. Sedangkan lingkunga non fisik adalah pola hubungan antara guru dengan murid, murid dengan murid, dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud motivasi belajar siswa adalah adanya suatudorongan yang kuat untuk melakukan kegiatan belajar, yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik, dan ekstrinsik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan angket. Obyek penelitian di sini ialah siswa kelas VIII MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penyebaran angket maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berhubungan dengan Motivasi belajar siswa MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian ini terdapat korelasi yang positif antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa, berdasarkan perhitungan perbandingan taraf signifikan nilai r hitung 0,26 lebih besar dengan nilai r tabel 0,456 . ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol di tolak. Hal tersebut menunjukan bahwa korelasi antara variable X ( lingkungan sekolah) dengan variable Y (motivasi belajar siswa) merupakan korelasi positif yang segnifikan. Artinya bahwa lingkungan sekolah berhubungan dengan motivasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 22 Jan 2022 06:41
Last Modified: 20 Aug 2022 17:38
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item