PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NW KELAYU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Husni, Ru'iyatul (2018) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NW KELAYU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
RU'IYATUL HUSNI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh antara keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA NW Kelayu tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa jurusan ekonomi di MA NW Kelayu yaitu sebanyak 101 siswa. Sampel yang digunakan ialah berjumlah 50 orang dengan Tekhnik Pengambilan Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Angket yang disebarkan kepada siswa dengan jumlah sampel yang sudah ditentukan. Untuk Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan menggunakan rumus statistik Y= b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + b6X6 + b7X7 + b8X8 + e berdasarkan Uji SPSS ditemukan persamaan sebagai berikut Y= 5.925+0.989(X1) + 0.227(X2) + 0.229(X3) + 0.672(X4)+ 0.062(X5) + 0.586(X6) + 0.405(X7) + 0.137(X8) + e Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Dari hasil Uji hipotesis yang telah dilakukan pada variabel keterampilan membuka dan menutup pelajaran (X1), Keterampilan mengelola kelas (X2), Keterampilan Memberi Penguatan (X3), Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil (X4), Keterampilan Bertanya (X5), Keterampilan memberi penjelasan (X6), Mengadakan variasi (X7), dan keterampilan Mengajar kelompok kecil dan perorangan (X8) memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y) artinya Ha diterima atau Terdukung dan hipotesis Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa yang dilakukan dengan uji f (secara simultan) diterima atau terdukung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar mengajar guru, dan motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 23 Jan 2022 13:59
Last Modified: 20 Aug 2022 05:50
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item