PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN RESPON CARA MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UGR

Maryati, Sri (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN RESPON CARA MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UGR. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SRI MARYATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Untuk mengetahui apakah motivasi belajar mahasiswa berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar; 2) Untuk mengetahui apakah cara mengajar dosen berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar; dan 3) Untuk mengetahui apakah motivasi belajar mahasiswa dan cara mengajar dosen berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa FKIP Akuntansi semester 2-8 Universitas Gunung Rinjani sebanyak 175 Mahasiswa. Sampel yang digunakan ialah berjumlah 100 orang dengan Tekhnik Pengambilan Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Angket yang disebarkan kepada mahasiswa dengan jumlah sampel yang sudah ditentukan. Untuk Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan menggunakan rumus statistik Y=b0+b1X1+b2X2+e berdasarkan Uji SPSS ditemukan persamaan sebagai berikut Y=1.583+0.120(X1) + 0.093(X2)+e. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, Motivasi belajar secara Parsial berpengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa yang berada di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP-UGR yang dijelaskan dengan hasil Uji Hipotesis Parsial dengan Hasil dalam Uji t test dapat dilihat Hasil Pengujian menggunakan t hitung sebesar 1.893 maka t hitung > dari t tabel = 1.893 > 1.658, tetapi tidak signifikan. Karena signifikansinya adalah 0.061 atau diatas tingkat signifikansi 0.05 atau 0.061 > 0.05 Hasilnya menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Kedua, Respon Cara Mengajar Dosen Secara Parsial berpengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa yang berada di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP-UGR yang dijelaskan dengan hasil Uji Hipotesis Parsial dengan Hasil dalam Uji t test dapat dilihat Hasil Pengujian menggunakan t hitung sebesar 1.769 maka t hitung > dari t tabel= 1.769 > 1658, tetapi tidak signifikan. karena signifikansinya adalah 0.080 atau diatas tingkat signifikansi 0.05 atau 0.080 > 0.05 Hasinya menunjukkan bahwa t hitung lebihbesarl dari t tabel. Ketiga, Motivasi Belajar dan Respon Cara Mengajar Dosen Berpengaruh secara Simultan terhadap Hasil Belajar yang dijelaskan dengan Hasil Uji Hipotesis simultan dengan Hasil Motivasi Belajar dan Cara Mengajar Dosen Memberikan Pengaruh terhadap Hasil Belajar sebesar 8,9% Berdasarkan Uji Koefisien Determinasi karena R Square yang diperoleh adalah 0.089 sedangkan dalam Uji Signifikansi diperoleh F hitung = 4.738 dan F tabel N= 100 Variabel = 2 Dengan Taraf Signifikansi 0,05 adalah 3,09 maka F hitung > F tabel = 4,738 > 3,09.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Respon Cara Mengajar Dosen, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:52
Last Modified: 20 Aug 2022 06:02
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item