UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VIII MTS AL-IKHLAS SETUNGKEP DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI KELOMPOK

Nurzelin, Eliza (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VIII MTS AL-IKHLAS SETUNGKEP DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI KELOMPOK. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
ELIZA NURZELIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setngkep. Jenis penelitian ini yang di gunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa IPS pada pokok bahasan mengenal Negara-negara ASEAN dengan menggunakan metode resitasi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setungkep yang berjumlah 38 siswa dengan KKM 75. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan persentase hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru siklus I sebesar 32% dengan kategori Kurang Sekali, sedangkan pada siklus II naik menjadi 83% dengan kategori Baik. Dari hasil observasi aktifitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 53 dengan kategori Kurang Sekali, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 78 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil belajar pada siklus I diperoleh sebesar 65% pada siklus II sebesar 100%. Dengan melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setungkep tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:11
Last Modified: 20 Aug 2022 00:59
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item