STUDY FENOMENALOGIS KAIN TENUN MISTIS DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT PRINGGASELA

Masitah, Siti (2019) STUDY FENOMENALOGIS KAIN TENUN MISTIS DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT PRINGGASELA. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SITI MASITAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah masyarakat Pringgasela masih percanya terhadap kain tenun mistis. 2) Untuk mencari tahu kebenaran upaya apakah enkulturasi yang harus dilakukan oleh masyarakat Pringgsela agar eksistensi kain tenun mistis terlestarikan. Populasi dalam penelitian ini adalah 8669 orang dan sampel yang digunakan adalah 10 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diatas, bahwa: 1. Masyarakat peringgasela masih menyakini adanya kain tenun mistis dan masih menggunakan kain tenun mistis sebagai pengobatan secara teradisional. 2. Masyaraka pringgasela perlu melestarikan budaya tradisional seiring era globalisasi yang mengancam tradisi lokal tersebut. Dengan cara melestarikan kain tenun mistis sepanjang masa, memusiumkan dan diperkenalkan serta diceritakan disetiap acara alunan budanya Desa Pringgasela sehingga sebagian besar masyarakat peringgasela mengetahuinya. Masyarakat pringgasela memiliki cara yang unik untuk mempekenalkan kain tenun mistis diberbagai acara formal maupun informal.sehingga masyarakat remaja maupun yang menuju dewasa mengetahui atau bisa mempercayai adanya kain mistis tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:52
Last Modified: 20 Aug 2022 01:45
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item