AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR IN DESCRIPTIVE TEXT PRODUCED BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 2 SELONG IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

Assatari, Sariati (2016) AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR IN DESCRIPTIVE TEXT PRODUCED BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 2 SELONG IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SARIATI ASSATARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui macam-macam kesalahan yang di hasilkan oleh siswa kelas satu SMKN 2 Selong dalam teks deskriptif (2) Mengetahui frekuensi kesalahan yang di hasilkan oleh siswa kelas satu SMKN 2 Selong dalam teks deskriptif. (3) Mengetahui faktor kesalahan yang di hasilkan oleh siswa kelas satu SMKN 2 Selong dalam teks deskriptif Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pokok dari penelitian ini adalah siswa kelas satu SMKN 2 Selong pada tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa ada 35 orang. Lokasi penelitian ini berada di Jln Raya Sukamulia, Dasan Tiga, Sukamulia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Metode dari tes adalah pilih salah satu dari lima gambar yang sudah di berikan. Gambarnya yakni tentang kucing, orang terkenal, sahabat, buah, dan bangunan bersejarah, dan deskripsikan topik tersebut mengunakan bahasa sendiri. Analisa data dalam penelitian ini di aplikasikan dengan mengikuti prosedur : Identifikasi kesalahan, menampilkan dan mendeskripsikan kesalahan, penafsiran kesalahan, menemukan penyebab dari kesalahan, evalusi kesalahan, dan hasil dari kesalahan. Setelah data di identifikasi, penulis menemukan ada 171 kesalahan dalam teks deskriptif yang di hasilkan oleh siswa. Frekuensi kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan pada bentuk kata yang mana angka presentasinya mencapai 46%. Frekuensi kesalahan yang kedua adalah pengurangan yang mana angka presentasinya mencapai 34%. Frekuensi kesalahan yang ketiga adalah penambahan yang mana angka presentasinya mencapai 13%. Frekuensi kesalahan yang terakhir adalah pengurutan yang mana angka presentasinya paling rendah yaitu 7%. Sedangkan total dari penyebab kesalahan yaitu 17 (49%) siswa yang di pengaruhi oleh bahasa ibu atau bahasa Indonesia dan 18 (51%) siswa yang di pengaruhi oleh bahasa targetnya atau bahasa keduanya. Jadi dapat di simpulkan bahwa kesalahan yang terjadi di dalam kalimat yang di hasilkan oleh siswa yakni karena kurang memahami tentang tata bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Grammatical, Teks Descriptive (Error analysis, Descriptive text)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:53
Last Modified: 18 Aug 2022 22:20
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item