GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXTS MADE BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH ALIYAH (MA) THOHIR YASIN LENDANG NANGKA IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017

Fikri, Ahmad (2016) GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXTS MADE BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH ALIYAH (MA) THOHIR YASIN LENDANG NANGKA IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
AHMAD FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
aBSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan analisis kesalahan gramatikal. Dua rumusan masalah masalah dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana jenis kesalahan gramatikal yang dibuat oleh siswa kelas X dalam menulis teks recount? dan (2) kenapa kesalahankesalahan tersebut terjadi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesalahan gramatikal yang dibuat oleh siswa dan untuk menggambarkan kemungkinan penyebab-penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut. Dalam melaksanakan penelitia ini, peneliti menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Thohir Yasin Lendang Nangka tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah subyeknya adalah 51 siswa dan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk teks recount. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan cara membagi jenis-jenis kesalahan gramatikal kedalam tujuh kategori dan kemudian menentukan kemungkinan penyebab-penyebab kesalahan itu berdasarkan teori dari Erdogan (2005: 265). Dari hasil analisa dan interview terhadap siswa, peneliti menemukan bahwa: (1) siswa mwmbuat 323 kesalahan gramatikal dalam 431 kalimat yang dibagi kedalam 98 atau 30% kesalan dalam membuat bentuk kata kerja, 112 atau 35% kesalahan dalam kecocokan antara subyek dan predikat, 46 atau 14% kesalahan dalam penjamakan kata benda, 18 atau 6% kesalan dalam penggunaan artikel, 20 atau 6% kesalahan dalam penggunaan kata depan, 12 atau 4% kesalahan dalam penggunaan kata ganti, dan 17 atau 5% kesalahan dalam penggunaan kata sambung. (2) kemungkinan penyebab kesalahankesalahan tersebut adalah: intra-lingual transfer (88%) karena siswa mempunyai pengetahuan terbatas tentang aturan-aturan dan struktur dalam Bahasa Inggris. Ini juga terjadi karena ketidak mampuan mereka dalam menerapkan apa yang sudah mereka pelajari. Selain itu beberapa kesalahan juga dipengaruhi oleh inte-rlingual transfer (12%) karena siswa masih terpengaruh oleh bahasa pertama mereka atau bahasa ibu (Bahasa Indonesia).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Gramatikal, Menulis Teks Recount (Grammatical Errors, Writing Recount Text)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:04
Last Modified: 19 Aug 2022 00:51
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item