IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH COOPERATIVE LEARNING AT THE ELEVENTH GRADE OF SMK TARUNA BANGSA SAKRA BARAT IN THE SCHOOL YEAR 2018/2019

Rahayu, Winarti (2018) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH COOPERATIVE LEARNING AT THE ELEVENTH GRADE OF SMK TARUNA BANGSA SAKRA BARAT IN THE SCHOOL YEAR 2018/2019. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Winarti Rahayu.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (125kB)

Abstract

Dalam penelitian ini ada dua pertanyaan yang diajukan yaitu: (1) Seberapa jauh kemampuan kelas XI SMK Taruna Bangsa Sakra Barat dalam berbicara bahasa Inggris pada tahun pelajaran 2018/2019? (2) Apakah ada pengaruh pembelajaran berkelompok terhadap kemampuan berbicara siswa kelas XI SMK Taruna Bangsa Sakra Barat tahun pelajaran 2018/2019? Mengacu pada rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan seberapa jauh kemampuan kelas XI SMK Taruna Bangsa Sakra Barat dalam berbicara bahasa Inggris pada tahun pelajaran 2018/2019 (2) Menemukan pengaruh pembelajaran berkelompok terhadap kemampuan berbicara siswa kelas XI SMK Taruna Bangsa Sakra Barat tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini disebut sebagai penelitian eksperimen dimana sampel penelitian diambil secara acak. Selanjutnya, sample tersebut dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Kemudian kedua kelompok tersebut diberi tes yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes berbicara sebagai instrumen untuk memperoleh data. Pada tes ini, siswa diminta untuk menceritakan tentang perlengkapan ruangan kelas secara lisan di depan kelas. Setelah itu, peneliti menganalisa data yang diperoleh menggunakan statistik deskriptif dan mengukur kemampuan berbicara siswa menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMK Taruna Bangsa Sakra Barat memperoleh nilai tinggi setelah menggunakan metode pembelajaran secara berkelompok. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata 61.17. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil uji hipotesis alternatif yang dapat diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai tabel-t lebih rendah dari pada nilai-t, yakni tabel-t pada 2.01 dan nilai-t pada 6.7. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki kemampuan berbicara lebih baik dari pada kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI tingkat Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Berkelompok (Speaking Ability, Cooperative Learning)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:24
Last Modified: 18 Aug 2022 12:17
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item