ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum annum) DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hafiz, Muhammad Zainal (2022) ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum annum) DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Muhammad Zainal Hafiz.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sampai saat ini, sektor pertanian telah menjadi bagian penting dari pembangunan nasional, baik untuk pertumbuhan ekonomi maupun untuk pemerataan sumber daya. Sektor pertanian memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ini termasuk menyediakan makanan bagi penduduk, menghasilkan devisa melalui ekspor, menyediakan bahan baku industri, dan meningkatkan lapangan kerja dan peluang usaha Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mebuat deksripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Margin pemasaran akan semakin tinggi jika tertalu banyak kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembagai pemasaran, atau semakin banyaknya lembaga pemasaran yang terbentuk. Tabel 17 menunjukkan margin tertinggi terdapat pada saluran 1. Saluran 1 merupakan saluran yang paling banyak melibatkan lembaga pemasaran dibandingkan saluran pemasaran 2. Marjin yang tercipta pada saluran 1 sebesar Rp. 5.000 per kilogram. Saluran pemasaran yang paling efisien apabila dilihat dari nilai farmer’s share terdapat pada saluran pemasaran 2. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa saluran pemasaran 1 dan saluran pemasarani 2 sama-sama efisien, akan tapi yang paling efisien adalah saluran pemasaran 2 karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan saluran pemasaran 1 dan ranta pemasaranya lebih pendek daripada saluran pemasaran 1.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Pengembangan Ekonomi, Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 30 Oct 2023 09:12
Last Modified: 30 Oct 2023 09:12
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item