A TEXTBOOK ANALYSIS USING HARMER'S CRITERIA FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS "BAHASA INGGRIS FOR CLASS XI"

Hamsah, Nining Pirasmita (2023) A TEXTBOOK ANALYSIS USING HARMER'S CRITERIA FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS "BAHASA INGGRIS FOR CLASS XI". Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kriteria buku Bahasa Inggris untuk Kelas XI yang sesuai dan tidak sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Harmer. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan instrumen ceklis yang diadaptasi dari teori Harmer dan melakukan pengumpulan data melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 kriteria buku teks yang baik menurut teori Harmer, 9 kriteria diantaranya relevan dengan buku Bahasa Inggris kelas XI. Kriteria relevan tersebut melibatkan harga dan ketersediaan, tambahan materi dan ekstra, tata letak dan desain, instruksi, metodologi, silabus, keterampilan berbahasa, topik, dan kesesuaian budaya. Namun, terdapat 6 kriteria yang tidak relevan, termasuk aspek harga dan ketersediaan, tambahan dan ekstra, instruksi, silabus, topik, dan panduan guru. Meskipun buku ini memiliki kelebihan seperti mendukung otonomi belajar siswa dan menggabungkan aspek-aspek budaya, penggunaan kosakata asing dan kurangnya panduan guru menjadi kendala dalam penggunaannya. Penemuan ini mengindikasikan bahwa meskipun buku ini memenuhi sebagian besar kriteria yang ditetapkan oleh Harmer, ada aspekaspek tertentu yang perlu diperbaiki agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kriteria Buku Teks, Teori Harmer, Relevansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 15 Nov 2023 05:20
Last Modified: 15 Nov 2023 05:20
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item