PERRLINDUNGAN KONSUMEN JASA PARKIR MENURUT PERDA NO. 10 TAHUN 2016 DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Supardi, Muh. (2023) PERRLINDUNGAN KONSUMEN JASA PARKIR MENURUT PERDA NO. 10 TAHUN 2016 DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)

Abstract

Konsumen merupakan rantai posisi yang sering berada pada kondisi yang tidak seimbang dengan produsen/penyedia jasa . U ntuk itu perlu adanya ketentuan atau payung hukum yang memberikan jaminan penyeimbang terhadap konsumen. Ha l inilah yang menjadi permasalahan yang ingin di teliti oleh penulis. Bagaimana bentuk ketentuan hukum yang jaminan hak hak konsumen. T ujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui konsumen jasa parkir di Kabupaten Lombok Timur di lindungi oleh ketentu an hukum positif. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif empiris dengan pendekatan masalah dari ketentuan perundang undangan dengan fakta fakta di lapanagan. Berdasarkan pada hasil penelitian penulis, lahirnya PERDA No 10 Tahun 2016 tentang parki r yang di harapkan mampu memberikan keseimbangan terhadap konsumen , justru menjamin 50% dari nilai kerugian yang di alami oleh konsumen . B erbeda dengan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Konsumen , yang menjamin setiap kerug ian harus diganti dengan ni lai yang setara atau sejenis dengan kerugian yang di alami konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat hukum daerah Kabupaten Lombok Timur belum sepenuhnya memberikan jaminan terhadap hak hak yang dimiliki oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Parkir, Lombok Timur.
Subjects: Hukum > Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:48
Last Modified: 20 Nov 2023 04:48
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item