PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (studi kasus sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI periode 2018-2022)

Harianto, Rian Idris (2024) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (studi kasus sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI periode 2018-2022). Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (227kB)

Abstract

Maraknya kasus perusahaan gulung tikar dan munculnya perusahaan abal-abal yang meresahkan para investor menyebabkan perubahan paradigma pada nilai perusahaan. Nilai Perusahaan cendrung dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, leverage, dan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia karena BEI memiliki tingkat kepercayaan tinggi pada kalangan investor Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (Ln total aset), leverage (DER) dan pertumbuhan perusahaan (TAG) secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di burs efek indonesia tahun periode yang digunakan dalam penelitian ini pada tahun 2019-2022. Sampel diperoleh menggunakan metode purpuse sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang sudah ada dan masih terdaftar di bursa efek indonesia periode 2018-2022. Dari populasi sebanyak 11 perusahaan otomotif diperoleh 8 perusahaan otomotif sebagai sampel dengan periode pengamatan selama lima tahun (2018-2022). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa ukuran perusahaan (Ln total aset) secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,186 > 0,05 dan nilai t hitung -1,347 < dari t tabel -2,02809 sehingga hipotesis pertama ditolak, leverage (DER) secara parsial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai t hitung -3,012 > dari t tabel -2,02809 sehingga hipotesis ke dua diterima, pertumbuhan perusahaan (TAG) secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,218 > 0,05 dan nilai t hitung 1,254 < dari t tabel 2,02809 sehingga hipotesis ke tiga di tolak. Hasil uji model menunjukan bahwa ukuran perusahaan, leverage dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, diperoleh F hitung sebesar 4,941 lebih besar dari F tabel sebesar 2,87 maka dapat disimpulkan ke tiga variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan tabel dan tingkat signifikansi 0,006 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Nilai Perusahaan
Subjects: Social Sciences > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:55
Last Modified: 03 Sep 2024 07:55
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item View Item