THE INFLUENCE OF ROMANCE TOWARD TEACHING AND LEARNING PROCESS AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMK GUNUNG RINJANI IN SCHOOL YEAR 2017/2018

Fitriati, Sirriyatul (2017) THE INFLUENCE OF ROMANCE TOWARD TEACHING AND LEARNING PROCESS AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMK GUNUNG RINJANI IN SCHOOL YEAR 2017/2018. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
SIRRIYATUL FITRIATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (509kB) | Request a copy

Abstract

Pelajar merupakan suatu objek yang masih rentan terhadap pengaruh masa kini, terutama pelajar remaja. Peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan: 1) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan aktivitas percintaan, 2) untuk mengetahui pengaruh percintaan terhadap proses belajar mengajar. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas sebelas SMK Gunung Rinjani Lombok Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana data tersebut berupa hasil wawancara yang diperoleh peneliti terhadap beberapa responden setelah melakukan observasi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan model analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, presentasi data dan kesimpulan. Analisis data menunjukkan bahwa: 1) faktor yang menyebabkan pelajar melakukan hubungan percintaan yaitu: faktor internal terdiri dari lemahnya pembekalan dan pemahaman tentang agama, kelabilan masa remaja, dan faktor eksternal terdiri dari lingkungan dan teman yang buruk. 2) pengaruh percintaan terhadap psikologis pelajar: pengaruh positif (belajar bersosialisasi, belajar mengenal berbagai macam karakteristik orang, lebih rajin dan lebih termotivasi dalam hal belajar jika hubungan dengan pasangannya baik-baik saja), pengaruh negatif (cenderung menjadi pribadi yang rapuh dan menurunkan konsentrasi jika sedang bermasalah dengan pasangan). Jadi, secara tidak langsung percintaan sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar pelajar lebih fokus terhadap pendidikan untuk menggapai masa depan yang gemilang dan menunda bercinta-cintaan sampai mental dan psikologis mereka cukup matang untuk menerima segala konsekuensi dari percintaan tersebut untuk meminimalisir segala sesuatu yang tidak dinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Siswa Remaja, Percintaan, Psikologis, Proses Belajar Mengajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 06 Aug 2020 08:59
Last Modified: 18 Aug 2022 15:52
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item