THE USE OF POLITENESS AS A COMMUNICATION STRATEGY: A DESCRIPTIVE QUALITATIVE RESEARCH AT KOTARAJA VILLAGE

Bariah, Lauhil (2017) THE USE OF POLITENESS AS A COMMUNICATION STRATEGY: A DESCRIPTIVE QUALITATIVE RESEARCH AT KOTARAJA VILLAGE. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAUHIL BARIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (532kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kesopanan yang digunakan oleh masyarakat Kotaraja dalam kehidupan sehari-hari. Pendeskripsian tersebut bermaksud untuk menjabarkan macam-macam kesopanan yang digunakan dan menjabarkan ungkapan bahasa sasak halus yang biasa digunakan sebagai strategi kesopanan berkomunikasi sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dalam berwacana. Data dikumpulkan melalui observasi seperti rekaman dan catatan lapangan sebagai sumber data. Berdasarkan hasil analisi data, temuan penelitian ini dapat dinyatakan sebagai berikut: (1) Masyarakat kotaraja menggunakan enam maksim kesopanan sebagai strategi berkomunikasi sehari-hari, yaitu; maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian. (2) Masyarakat Kotaraja menggunakan beberapa ungkapan dalam melaksanakan kesopanan sebagai strategi berkomunikasi sehari-hari, seperti; Tiang, nggeh dan silaq. Dari kedua temuan ini telah digunakan untuk mematuhi kesopanan dalam menghargai lawan bicara di dalam komunikasi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesopanan, Strategi Berkomunikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 06 Aug 2020 09:21
Last Modified: 18 Aug 2022 15:42
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item