USING CULTURAL DISCOURSE ANALYSIS TO RESEARCH GENDER AND ENVIROMENTAL UNDERSTANDING IN BAGIK PAYUNG VILLAGE

Toyyibah, Zurriyatun (2019) USING CULTURAL DISCOURSE ANALYSIS TO RESEARCH GENDER AND ENVIROMENTAL UNDERSTANDING IN BAGIK PAYUNG VILLAGE. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ZURRIYATUN TOYYIBAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh gender dalam pemilihan kata untuk komunikasi antara suami dan istri di dusun belet, desa Bagik paying dalam kendali interaksional, dalam struktur sintaksis, dan dalam pemakaian metafora dengan percakapan bahasa Sasak. Teori yang dipergunakan adalah teori wacana kritis model Norman Fairclough dan dilengkapi dengan teori Teun A. Van Dijk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan cakap (wawancara) serta teknik dasar dan turunannya, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sumber data diperoleh dari pasangan suami dan istri yang sedang berkomunikasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, kategorisasi, dan pemolaan. Data disajikan secara formal dan informal. Pada akhirnya, penelitian ini menghasilkan realita motif atau ideologi sikap komunikator yang memihak peran laki-laki atau perempuan Sasak dalam perspektif gender, yang kerap menimbulkan persinggungan fisik-psikis, seperti; pelecehan seksual, KDRT, dan bahkan dalam budaya kawin cerai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Percakapan, Bahasa Sasak, Perspektif Gender, Wacana Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:21
Last Modified: 18 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item