THE EFFECTIVENESS OF SASAK FOLKTALES ON READING COMPREHENSION: PRE EXPERIMENTAL STUDY AT TENTH GRADE STUDENTS OF MA DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA IN THE SCHOOL YEAR 2018/2019

Rokibin, Rokibin (2019) THE EFFECTIVENESS OF SASAK FOLKTALES ON READING COMPREHENSION: PRE EXPERIMENTAL STUDY AT TENTH GRADE STUDENTS OF MA DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA IN THE SCHOOL YEAR 2018/2019. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ROKIBIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dongeng sasak terhadap pemahaman keterampilan membaca pada siswa kelas sepuluh MA DARUSSOLIHIN NW Kalijaga tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dititik beratkan pada keefektifan dongeng sasak dalam pemahaman keterampilan membaca pada siswa kelas sepuluh MA DARUSSOLIHIN NW Kalijaga tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan sebuah desain pre-experimen. Populasinya adalah kelas sepuluh MA DARUSSOKIHIN NW Kalijaga yang terdiri dari lima kelas. Peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel yaitu kelas X-IPA1 yang terdiri dari 28 siswa dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre tes dan post tes kepada siswa dan siswi dalam bentuk tes objectif yaitu pilihan ganda. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 17 for Windows. Setelah menganalisi data, peneliti menemukan nilai rata-rata pre tes adalah 57.32 dan 85.00 untuk pos tes, artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pre tes dan pos tes sedangkan nilai dari sig (2-tailed) t dalah 10.239 pada p=0.00. nilai dari sig (2-tailed) lebih rendah dari .05, artinya bahwa alternative hypothesis di terima. Sasak folktales signifikan terhadap pemahaman keterampilan membaca pada siswa kelas sepuluh MA DARUSSOLIHIN NW Kalijaga tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menyarankan menggunakan dongeng Sasak didalam mengajar dan belejar bahasa inggris pada tingkat sekolah senior.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dongeng Sasak, Pemahaman Keterampilan Membaca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:36
Last Modified: 18 Aug 2022 04:10
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item