AN ANALISIS OF TEACHER STRATEGY IN TEACHING ENGLISH AT MADRASAH ALIYAH (MA) NAHDATUL WATHON (NW) PADASUKA

Bakri, Muhammad (2013) AN ANALISIS OF TEACHER STRATEGY IN TEACHING ENGLISH AT MADRASAH ALIYAH (MA) NAHDATUL WATHON (NW) PADASUKA. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MUHAMMAD BAKRI.pdf

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meneliti strategi guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) Nahdlatul Wathan (NW) Padasuka dan alasan guru tersebut sehingga menggunakan strategi itu dalam mengajar. Hal ini dikarenakan di sekolah tersebut hanya ada seorang guru bahasa Inggris sedangkan terdapat tujuh kelas di sana. Maka penelitipun menganggap bahwa fenomena ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitative dikarenakan object penelitiannya adalah strategi guru dalam mengajar bahasa inggris. Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru bahasa inggris sendiri. Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan data tentang strategi guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di sekolah tersebut, peneliti mengadakan obserasi terhadap tindakan-tindakan guru dan murid selama proses belajar mengajar sedangkan untuk mendapatkan data tentang alasan guru tersebut sehingga menggunakan strategi itu adalah dengan mewawancarai guru tersebut. Model analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahp yaitu Reduksi Data, Pemaparan Data dan penarikan keimpulan. Setelah menyelenggarakan observasi terhadap tindakan guru selama proses belajar mengajar, peneliti menyimpulkan bahwa guru tersebut menggunakan Strategi Pembelajaran Expositori karenaguru tersebut lebih aktif dibandingkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru tersebut tidak memiliki persiapan sebelum mengajar, bahkan tidak mengetahui strategi apa yang digunakan dalam mengajar. Penelitian ini ditujukan untuk meneliti strategi guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) Nahdlatul Wathan (NW) Padasuka dan alasan guru tersebut sehingga menggunakan strategi itu dalam mengajar. Hal ini dikarenakan di sekolah tersebut hanya ada seorang guru bahasa Inggris sedangkan terdapat tujuh kelas di sana. Maka penelitipun menganggap bahwa fenomena ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitative dikarenakan object penelitiannya adalah strategi guru dalam mengajar bahasa inggris. Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru bahasa inggris sendiri. Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan data tentang strategi guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di sekolah tersebut, peneliti mengadakan obserasi terhadap tindakan-tindakan guru dan murid selama proses belajar mengajar sedangkan untuk mendapatkan data tentang alasan guru tersebut sehingga menggunakan strategi itu adalah dengan mewawancarai guru tersebut. Model analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahp yaitu Reduksi Data, Pemaparan Data dan penarikan keimpulan. Setelah menyelenggarakan observasi terhadap tindakan guru selama proses belajar mengajar, peneliti menyimpulkan bahwa guru tersebut menggunakan Strategi Pembelajaran Expositori karenaguru tersebut lebih aktif dibandingkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru tersebut tidak memiliki persiapan sebelum mengajar, bahkan tidak mengetahui strategi apa yang digunakan dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Mengajar, Mengajarkan Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:44
Last Modified: 13 Oct 2021 02:44
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item