THE EFFECT OF GIVING FEEDBACK TECHNIQUES ON WRITING FOR THE SECOND YEARS STUDENTS OF SMP N 2 ORONG TELU IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015

Hasnawati, Hasnawati (2015) THE EFFECT OF GIVING FEEDBACK TECHNIQUES ON WRITING FOR THE SECOND YEARS STUDENTS OF SMP N 2 ORONG TELU IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
HASNAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (792kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada teknik umpan balik dalam menulis untuk siswa SMPN 2 Orong Telu Tahun Ajaran 2014/2015. Permasalahan yang diteliti: 1) sejauhmana keefektifan teknik umpan balik untuk siswa kelas dua SMPN 2 Orong Telu. 2) Sejauhmana perkembangan teknik umpan balik untuk siswa kelas dua SMPN 2 Orong Telu tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelompok perbandingan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan kedua kelompok tersebut diberikan tes. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes menulis sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil tes yang sudah dianalisis oleh peneliti sebagai data utama, dalam hal ini hipotesis untuk mengukur tes menulis siswa dan menganalisa data yang telah diperoleh setelah mengadakan perlakuan kepada kelompok eksperimen menggunakan teknik umpan balik dan kelompok kontrol menggunakan teknik tradisional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas dua SMPN 2 Orong Telu dengan jumlah populasi sebanyak 40 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes sebagai instrumen penelitian yang berupa tes tulis. Berdasarkan hasil analisa data pengaruh teknik umpan balik pada siswa kelas dua dalam menulis untuk kelompok eksperimen pada pre-test adalah 5 siswa mendapat nilai rendah, 15 siswa mendapat nilai sedang dan tidak seorangpun siswa yang mendapat nilai tinggi. Kemudian, pada post-test tidak seorang pun mendapat nilai rendah, 17 siswa mendapat nilai sedang dan 13 siswa mendapat nilai tinggi. Sementara kelompok pembanding pada pre-test 3 siswa mendapat nilai rendah, 17 siswa mendapat nilai sedang dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai tinggi. Kemudian pada post-test 2 orang siswa mendapat nilai rendah, 18 siswa mendapat nilai sedang dan tidak seorang siswa pun mendapatkan nilai tinggi. Setelah skor diklasifikasikan, peneliti menghitung nilai rata-rata. Akhirnya, siswa kelas dua SMPN 2 Orong Telu melalui teknik umpan balik menghasilkan pengaruh yang cukup signifikan. Dengan kata lain teknik umpan balik mengambil peran yang sangat signifikan dalam kemampuan menulis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik Umpan Balik dan Menulis (Technique Feedback, Writing)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:04
Last Modified: 19 Aug 2022 01:27
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item