THE EFFECT OF USING ANIMATION MOVIES TOWARD STUDENT’S WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT AT THE TENTH GRADE OF SMA NEGERI 1 PRINGGASELA IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015

Husnaeni, Husnaeni (2015) THE EFFECT OF USING ANIMATION MOVIES TOWARD STUDENT’S WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT AT THE TENTH GRADE OF SMA NEGERI 1 PRINGGASELA IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (387kB)
[img] Text
HUSNAENI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan ide-ide. Untuk mendapatkan efek secara tertulis mengajar teks naratif, guru dapat menerapkan film animasi sebagai media. Film animasi dalam menulis narasi teks ayat adalah mengatur ulang dan mengembangkan subsequence film animasi ayat menjadi ayat yang baik. Dengan alasan tersebut, peneliti hadir begitu antik untuk menyelidiki efek dari menggunakan film animasi terhadap kemampuan menulis siswa dalam teks narasi di kelas X SMA Negeri 1 Pringgasela pada tahun akademik 2014/2015. Pertanyaan penelitian dirumuskan adalah sebagai berikut: "Adakah Pengaruh Penggunaan Film Animasi terhadap Kemampuan Menulis Siswa dalam Teks Narasi di kelas X SMA Negeri 1 Pringgasela pada tahun akademik 2014/2015?". Untuk menjawab pertanyaan penelitian, peneliti hadir dirancang penelitian dengan menggunakan penelitian eksperimental. Penelitian ini mengambil semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringgasela sebagai penduduk dan mengambil kelas X 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelompok kontrol dari penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti ini disajikan tes esai sebagai instrumen penelitian ini. Di lain untuk menganalisis data, peneliti ini diterapkan statistik deskriptif dan t-test. Hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen di pretest adalah 16,33 dan post-test adalah 18,47, sedangkan nilai rata-rata dari kelompok kontrol di pre-test adalah 13,53 dan post-test adalah 15,67. Dalam pengujian hipotesis, peneliti ini digunakan rumus t-test. Peneliti ini menemukan bahwa t-test adalah 8.57 dan t-tabel dalam signifikansi rank2.048 (8.57> 2,048). Ini berarti bahwa hipotesis alternatif diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa film animasi adalah efektif untuk mengajarkan film animasi pada keterampilan menulis teks naratif siswa di kelas X SMA Negeri 1 Pringgasela pada tahun akademik 2014/2015. Hal itu membuktikan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan film animasi mendapat skor yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan film animasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Animasi Film, Menulis, Narasi Teks (Effect, Animation Movies, Writing, Narrative Text)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:20
Last Modified: 19 Aug 2022 01:38
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item