EDUCATIONAL VALUES IN THE NOVEL OF “LASKAR PELANGI” WRITTEN BY ANDREA HIRATA; A LITERARY STUDY

Supiandi, Supiandi (2015) EDUCATIONAL VALUES IN THE NOVEL OF “LASKAR PELANGI” WRITTEN BY ANDREA HIRATA; A LITERARY STUDY. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
SUPIANDI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (666kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan didalam novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Metode yang diterapkan dalampenelitian ini adalah metode kualitatif, dan metode penelitian ini telah dilakukan melalui membaca dan memahami novel dengan memilih bahan-bahan atau sumbersumber, melakukan peninjauan terhadap paragrap-paragrap dan dialog-dialog didalam novel, dan memilih data sesuai dengan masalah-masalah yang telah diteliti, sementara tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah menentukan bagian penelitian dengan memahami dan menganalisa isi didalam novel yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata yang mana melekat dan dikembangkannya nilai-nilai pendidikaan yang meliputi pendidikan informal, formal, dan nonformal, seperti disiplin, agamawan, bertanggung jawab, kerjasama, demokrasi, jujur, hidup rukun, toleransi, sopan santun, and percaya diri. Selain itu, novel “Laskar Pelangi” mencakup nilai-nilai pendidikan yang berkaitan dengan aspek kognitif, afektif (spiritual& sosial), dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Novel Laskar Pelangi (Education Values)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:42
Last Modified: 19 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item