AN ANALYSIS OF TEFL PRACTICE IN DIFFERENT SETTING: A CASE STUDY AT THOHIR YASIN FOUNDATION

Sukmawati, Yana (2021) AN ANALYSIS OF TEFL PRACTICE IN DIFFERENT SETTING: A CASE STUDY AT THOHIR YASIN FOUNDATION. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
YANA SUKMAWATI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan praktik TEFL diyayasan Pendidikan Thohir Yasin; (2) menggambarkan bagaimana guru bahasa inggris menilai kemajuan belajar siswa dalam pengaturan yang berbeda; dan (3) mendeskripsikan kendala dalam mengajar EFL di Yayasan Pendidikan Thohir Yasin. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa inggris dan siswa di Yayasan Pendidikan Thohir Yasin yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Pene;itian ini merupakan dekriptif dengan pendekatan kualitatif.pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran bahasa inggris di Yayasan Pendidikan Thohir Yasin formal dan non formal dibagi menjadi 3 tahap yaitu pendahuluan , inti, dan penutup; (a) media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa inggris secara formal adalah LKS , gambar dan buku. Sedangkan pada guru nonformal menggunakan media audio untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menangkap kosa kata; dan (b) metode pembelajaran yang digunakan guru bahasa inggris secara formal yaitu GTM, metode langsung dan metode penugasan , sedangkan pada guru nonformal menggunakan metode audio lingual. (2) Guru bahasa inggris di lingkungan formal menggunakan penilaian formatif dan penilaian sumatif. Guru bahasa inggris di sekolah nonformal focus untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa inggris. (3) Beberapa faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menerapkan TEFL di berbagai setting di Thohir Yasin berasal dari sekolah dan peraturan yang dikeluarkan oleh yayasan itu sendiri seperti kurangnya sarana prasarana yang tersedia disekolah dan terbatasnya akses siswa untuk menggunakan media elektronik. Temuan dalam hal standarproses, standar penilaian, dan fasilitas sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analysis, TEFL Practice, Different Setting.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:11
Last Modified: 16 Aug 2022 05:08
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item