TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK OLAHAN SUSU KURMA DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Fatmawati, Dialis (2020) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK OLAHAN SUSU KURMA DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
DIALIS FATMAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pola hidup masyarakat berdampak pada perubahan pola konsumsi makanannya. Masyarakat menginginkan produk makanan dan minuman yang berkualitas, sehat, dan mudah didapat serta praktis. Hal ini berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat akan pemenuhan gizi keluarga yang sehat, bergizi dan higienis. Salah satu susu yang divariasikan dengan rasa yang berbeda adalah susu kurma. Tidak hanya rasanya yang manis dan khas, susu kurma mempunyai kandungan gizi yang berguna untuk tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk olahan susu kurma dan merumuskan strategi untuk menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk olahan susu kurma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Sedangkan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling (sengaja) di Kecamatan Suralaga dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Suralaga merupakan salah satu kecamatan yang terdapat reseller dari produk olahan susu kurma di Kabupaten Lombok Timur . Analisis yang digunakan adalah analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA), Skala Likert serta Analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk olahan susu kurma yang dengan mengggunakan CSI masuk dalam kategori puas dengan nilai index sebesar 68,957%. Berdasarkan hasil analisis SWOT strategi yang paling tepat untuk dikembangkan adalah strategi memberikan tampilan yang menarik untuk kemasan, mempertahankan rasa produk dengan nutrisi dan gizi yang dimiliki, selalu menyediakan bahan baku untuk masa mendatang, memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Strategi Pemasaran, Susu Kurma, Konsumen
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 10 Nov 2021 23:49
Last Modified: 13 Aug 2022 08:44
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item