UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS MA NW KARANG

Hulwatun, Hulwatun (2021) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS MA NW KARANG. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
HULWATUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak 847.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk menerapkan model STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam belajar ekonomi kelas X IPS MA NW Karang Baru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA NW Karang Baru berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, soal tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan/ verifikasi data. Sedangkan untuk analisis data kuantitatifnya menggunakan percentage corection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini dinyatakan meningkat. Hal ini terlihat dari motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 69,16% meningkat di siklus II menjadi 84,58%. Adapun hasil belajar siswa juga ikut meningkat, yaitu dari siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM hanya 30,8%, kemudian meningkat di siklus kedua menjadi 100%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model STAD pada mata pelajaran ekonomi mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa MA NW Karang Baru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 11 Nov 2021 12:39
Last Modified: 15 Aug 2022 02:11
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item