PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XII DI MA NW LENEK LAUQ TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Astuti, Muliati Sri (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XII DI MA NW LENEK LAUQ TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MULIATI SRI ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (20kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah, dalam proses belajar mengajar masih ada guru yang menggunakan metode yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan materi yang disampaikannya atau tidak sesuai dengan kondisi siswa, bisa dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana yang sudah mencapai KKM 38% dan 62% belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XII di MA NW Lenek Lauq tahun pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MA NW Lenek Lauq. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS. Instrumen dan teknik pengumpulan data berupa tes dengan soal essay sebanyak 5 soal. Untuk analisis data digunakan uji statistik yaitu Uji-t (t-tes). Berdasarkan data yang terkumpul diperoleh skor terendah untuk kelas eksperimen adalah 65 dan skor tertingginya adalah 100. Sedangkan skor tertinggi untuk kelas kontrol adalah 75 dan skor terendah adalah 50, sehingga perhitungan yang dilakukan terhadap data tersebut di peroleh nilai rata-rata (Mean) untuk kelas eksperimen adalah 76,4 dan standar deviasi (SD) adalah 9,29. Sedangkan rata-rata (Mean) untuk kelas kontrol adalah 61,29 dan standar deviasi (SD) adalah 5,89. Berdasarkan hasil perhitungan normalitas dengan menggunakan rumus chi kuadrat diperoleh nilai 2  hitung pada kelas eksperimen adalah 6,06 dan 2  tabel adalah 9,49. 2  hitung < 2  tabel maka data tersebut normal, begitu juga dengan kelas kontrol diperoleh nilai 2  hitung adalah 3,18 dan 2  tabel adalah 9,49. Karena 2  hitung < 2  tabel maka data tersebut normal. Selanjutnya data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji homogenitas dengan menggunakan rumus teknik uji bartlet dan di peroleh nilai 2  hitung adalah 0,39 dan 2  tabel adalah 3,84 dan sesuai dengan kriteria pengujian homogenitas maka data tersebut homogen. Selanjutnya uji analisis dengan menggunakan rumus teknik uji–t (t– test) dan di peroleh nilai t–hitung > t–tabel yaitu 5,19 > 2,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XII di MA NW Lenek Lauq tahun pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:27
Last Modified: 21 Aug 2022 15:51
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item