HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN WANASABA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hasanuddin, Muhammad (2013) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN WANASABA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MUH. HASANUDDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (496kB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal terpenting dalam meningkatkan daya tarik peserta didik dalam belajar, sebab dalam proses belajar mengajar peserta didik dan guru mempunyai peranan penting dalam membangkitkan motivasi dalam diri peserta didik agar semakin aktif belajar. Ada dua jenis motivasi, yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik, ialah motivasi atau dorongan serta gairah yang timbul dari dalam diri peserta didik itu sendiri, misalnya rasa ingin tahu, keinginan berpresasi, keinginan diterima orang lain, keinginan untuk bekerja sama serta keinginan untuk masuk sekolah. Motivasi ekstrinsik mengacu kepada faktor-faktor luar yang turut mendorong munculnya gairah belajar, seperti ingin mendapat pujian, hadiah, persaingan, hukuman dan penghargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman tingkat motivasi belajar, prestasi belajar, dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik di MAN Wanasaba. Penelitian ini mengambil subyek 24 responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan expost factodan metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Hasil penelitian dari pemberian tes yang telah diuji kelayakannya, menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi (x) pelajaran ekonomi peserta didik di MAN Wanasaba = 78,13 sedangkan rata-rata skor angket (y) = 71,67. Setelah dikorelasikan terdapat r xy = 0,587 sedangkan pada rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,417 dan pada taraf signifikan 1% = 0,526. Hal ini dapat dibuktikan dari 24 orang peserta didik dengan derajat bebas (db/df) telah dapat dinyatakan melalui interpretasi tabel angka indeks korelasi product moment pada tabel diatas yaitu terdapat angka 0,40 s/d 0,599 terdapat interpretasikorelasi antara variabel X dan varibel Y yang Sedang atau Cukup (Hipotesis Nihil H0 ditolak) akan berarti Hipotesis alternatif Hadi terima atau di setujui karena hasil r xy =0,587 berada pada lingkup indeks 0,40 s/d 0,599.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar dan Prestasi belajar Peserta didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:15
Last Modified: 14 Jan 2022 09:15
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item