PENGARUH METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NW LENEK LAUQ

Al-Jauharah, Siti (2013) PENGARUH METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NW LENEK LAUQ. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SITI AL JAUHARAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap prestasi belajar siswa di MA NW Lenek Lauq pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan ketenaga kerjaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA NW Lenek Lauq yang berjumlah 257 siswa dan yang di ambil sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes prestasi belajar siswa, yakni dengan cara memberikan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Untuk uji persyaratan analisis data pada penelitian ini digunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa data-data yang diperoleh padapenelitian ini sudah normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan Uji t (t-tes). Berdasarkan hasil penelitian ini ternyata menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode kooperatif model jigsaw berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa pada pokok bahasan ketenaga kerjaan kelas XI IPS di MA NW Lenek Lauq tahun ajaran 2012/2013. Hal ini disebabkan karena metode kooperatif model jigsaw ini berorientasi pada siswa sehingga dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran karena siswa merasa lebih nyaman dan lebih berani menanyakan apa yang tidak dimengerti kepada temannya dibandingkan kepada guru. Keberhasilan metode ini juga tidak terlepas dari kontrol guru dalam proses pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode kooperatif, prestasi belajar dant- tes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:22
Last Modified: 21 Aug 2022 16:06
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item