PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI MA NAHDLATUS SHAUFIAH WANASABA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Maesarah, Maesarah (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI MA NAHDLATUS SHAUFIAH WANASABA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MAESARAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pelajaran ekonomi pada pokok bahasan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen siswa kelas X MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba tahun pelajaran 2013/2014. metode pembelajaran ekonomi di MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan sisa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen siswa kelas X MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba Tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XA sebagai kelompok eskprimen yang jumlahnya 30 orang siswa dan kelas XB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksprimen yaitu 79,83, sementara pada kelompok kontrol nilanya 71,83. dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 10,89 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,00 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi kelas X MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:03
Last Modified: 21 Aug 2022 09:59
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item