PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MA PUTRA RINJANI NW DASAN BARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wirya, Siska (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MA PUTRA RINJANI NW DASAN BARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SISKA WIRYA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MA Putra Rinjani NW Dasan Baru tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar untuk mengetahui sejauhmana prestasi belajar siswa dan lembar kuesioner untuk mengetahi tanggapan atau respon siswa terhadap metode pembelajaran group investigation. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 siswa kelas X. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar, hal ini sesuai dengan hasil analisis menggunakan uji-t yaitu didapat t-hitung = 4,13 sedangkan t-tabel = 2,012, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MA Putra Rinjani NW Dasan Baru tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan hasil analisis kuesioner didapat 70,83% siswa senang belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigation sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki tanggapan dan respon yang positif terhadap metode pembelajaran kooperatif group investigation dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Group Investigation dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:08
Last Modified: 21 Aug 2022 16:05
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item