PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA MARDHATILLAH NW PENAKAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Alwi, Muhammad (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA MARDHATILLAH NW PENAKAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MUH. ALWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI SMA Mardhatillah NW Penakak Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 23 orang yaitu kelas XI A yang berjumlah 13 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B yang berjumlah 10 orang sebagai kelas kontrol dengan menggunakan random kelas tau kelompok. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik Uji -t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Mardhatillah NW Penakak Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik deskriptif data meliputi skor maksimal ideal (SMi), rata-rata ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi). Berdasarkan hal tersebut maka dibuat pedoman konversi dengan Penelitian Acuan Normal (PAN) yaitu norma skala lama. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data uji t (t-test) diperoleh harga t hitung = 53,93 lebih besar dari t tabel = 1,721 atau 53,93 > 1,721 dengan dk = (n1 + n2 – 2 ) dan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan , artinya penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Mardhatillah NW Penakak Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Intruction (PBI) dan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:11
Last Modified: 21 Aug 2022 15:46
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item