PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH TOHIR YASIN LENDANG NANGKA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Suparman, Suparman (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH TOHIR YASIN LENDANG NANGKA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SUPARMAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Thohir Yashin Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2013/2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi ,Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliah Tohir Yasin Lendang Nangka, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebanyak 22 orang, kelas XI IPS 2 sebanyak22 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa angket dan dokumentasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini yakni dengan cara memberikan angket sebanyak 15 pertanyaan dan hasil ulangan harian atau semester. Untuk analisis data digunakan uji statistic yaitu uji t-hitung dan Uji-t . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di Madrah Aliah Tohir Yasin Lendang Nangka Tahun Pembelajaran 2013/ 2014. Sesuaidengan hipotesis alternative yang diajukan dan didukung oleh data, dimana data yang sudah terkumpul diperoleh skor terendah untuk Minat Belajar adalah 27 dan skor tertingginya adalah 41.Sedangkan skor tertinggi untuk Prestasi adalah 71 dan skor terendah adalah 57 , sehingga perhitungan yang dilakukan terhadap data tersebut didapat nilai rata-rata (Mean) untuk Minat Belajar adalah34,81dan standar deviasi (SD) adalah 3,82. Sedangkan rata-rata (Mean) untuk prestasi adalah 64,95 dan standar deviasi (SD) adalah 3,28. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu data tersebut di uji kenormalitas dengan menggunakan rumus chi-kuadrat di dapat nilai x 2 tabel adalah 9,49 (pada taraf signifikasi 95%) dengan demikian x 2 hitung< x 2 tabel atau 1,23 < 9,49 dengan taraf signifikasi 95% maka data untuk variable minat berdistri normal,selanjutnya data untuk di ujihipotesis dengan menggunakan rumus uji-t dan di dapat nilai t- hitung5,04 kemudian untuk t- table 2,53 dengan demikian t-hitung>t-table yaitu5,04>2,53 sehingga dapat di simpulkan bahwaterdapat pengaruh yang positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar kelas XI Madrasah Aliah Tohir Yasin Lendang Nangka pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2013-2014

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:36
Last Modified: 21 Aug 2022 16:15
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item