PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII MTs DASAN GERES TAHUN AJARAN 2012/2013

Sumawati, Sumawati (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII MTs DASAN GERES TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
SUMAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (121kB)

Abstract

Para ahli pendidikan menyatakan bahwa dalam proses belajar mengajar guru seharusnya memiliki model pembelajaran agar siswa dapat belajar secara efektif dan efesien sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah ada perbedaan tingkat keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio.Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada materi memahami kegiatan perekonomian di indonesia siswa kelas VIII MTs Dasan Geres tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Dasan Geres yang berjumlah 46 orang. Sampel penelitian adalah 46 orang, Yang terdiri dari kelompok eksperimen 23 orang dan kelompok kontrol 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik test, hasil belajar menggunakan test pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pre tes (tes awal) =57,34 dan post tes (tes akhir) = 90,43 Sedangkan untuk nilai ratarata kelas kontrol pre tes = 40,47 dan post tes (tes akhir) =61,43 dan hasil dari uji hipotesis menggunakan rumus thitung = 10,45. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada materi memahami kegiatan perekonomian di indonesia siswa kelas VIII MTs Dasan Geres tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model, Pembelajaran, Berbasis Portofolio, Hasil Belajar, Memahami Kegiatan Perekonomia Di Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:38
Last Modified: 21 Aug 2022 16:13
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item