PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI MA PUTRA RINJANI DASAN BARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mahyuddin, Mahyuddin (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI MA PUTRA RINJANI DASAN BARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MAHYUDDIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (511kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar ekonomi pada siswa kelas XI MA Putra Rinjani Dasan Baru dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara peneliti sengaja membangkitkan timbulnya suatu kejadian ataukeadaan, kemudian diteliti bagaimana akibatnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Persaratan analisis, Uji Normalitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat efektif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MA Putra Rinjani Dasan Baru Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada materi bentuk mamahami penyusunan siklus akuntansi keberhasilan belajar siswa termasuk dalamkategori tinggi dengan nilai rata-rata = 67,85 Sementara nilai tertinggi pada kelompok ini adalah 85 dan nilai terendah 50. (2) untuk kelompok eksperimen (yang menggunakan pembelajaran tipe STAD preatasi belajar ekonomi) disimpulkan bahwa setelah mengalami suatu perlakuan atau proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Tipe STAD nilai (Mean) eksperimen adalah 67,85 dan termasuk dalam kategori tinggi. (Mean) 66,35 dan dapat dikategorikan ke dalam kategori sedang. (3) Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t one sampel (diperoleh = 6,114 dan = 4,098 pada taraf signifikan 5%. Dengan membandingkan dengan dari hasil pengujian, maka dinyatakan bahwa > atau 6,114 > 4,098 (Lampiran 19). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelasX MA Putra Rinjani Dasan baru tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:54
Last Modified: 21 Aug 2022 15:41
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item