PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAKET PROGRAM PENGOLAH ANGKA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yustikarini, Widia (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAKET PROGRAM PENGOLAH ANGKA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
WIDIA YUSTIKARINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual model inquiry terhadap hasil belajar pada mata pelajaran paket program pengolah angka siswa kelas X SMKN 2 Selong tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes buatan pendidik untuk mengetahui rendah dan tingginya hasil belajar dari penggunaan pendekatan pembelajaran kontesktual model inquiry. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas X Akuntansi dengan menggunakan penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji normalitas data dengan rumus chi-kuadrat, uji homogenitas tes bartleth dan hipotesis menggunakan t-hitung. Hasil penelitian menunjukakan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual model inquiry terhadap hasil belajar pada mata pelajaran paket program pengolah angka siswa kelas X SMKN 2 Selong tahun pelajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang jauh berbeda di post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih nilai 21,17, sehingga dapat disimpulkan bahawa pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual model inquiry jauh lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah, hal ini diperkuat juga dengan hasil perhitungan t-hitung yang menunjukan bahwa t-hitung > t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 6,49 > 1,671

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pendeketan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:27
Last Modified: 21 Aug 2022 08:21
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item