Hidayatullah, Ahmad Rudi (2015) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS. NASHRIYAH NW SEKUNYIT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.
Text
AHMAD RUDI HIDAYATULLAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
Abstrak.pdf Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa MTs. Nashriyah NWSekunyit.Secara oprasional yang dimaksud dengan lingkungan sekolah adalah lingkungan yang berkaitan dengan fisik dan non fisik, lingkungan fisik adalahsegala sesuatu yang berkaitan dengan saran dan prasarana yang ada di sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium, ruangan kelas, dll. Sedangkan lingkungan non fisik adalah pola hubungan antara guru dengan murid, murid dengan murid, guru dengan guru, dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud motivasi belajar siswa adalah adanya suatu dorongan yang kuat untuk melakukan kegiatan belajar, yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik, dan ekstrinsik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan angket. Obyek penelitian di sini ialah siswa MTs. Nashriyah NW Sekunyit. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penyebaran angket maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah memiliki hubungan terhadap motivasi belajar siswa MTs. Nashriyah NW Sekunyit. Penulis mengambil kesimpulan bahwa lingkungan sekolah memiliki hubungan yang cukup terhadap motivasi belajar siswa MadrasahTsanawiyah NW Sekunyit. Artinya lingkungan sekolah berhubungan terhadap motivasi belajar siswa disekolah meskipun belum mencapai taraf signifikan. Berdasarkan perhitungan diatas bahwa membandingkan besarnya rxy atau “r hitung” dengan “r tabel” seperti yang diketahui r hitung yang diperoleh adalah 0,5619 termasuk dalam taraf signifikansi cukup sedangkan r tabel masing-masing sebanyak 0,374 dan 0,437 dengan demikian ternyata bahwa r hitunglebih besar dari pada r tabel (0,5619 > 0,374 < 0,437) baik dalam taraf signifikansi 5% maupun 1%. Karena r hitung lebih besar maka hipotesa alternatif (Ha) diterima karena telah teruji kebenarannya, sedangkan hipotesa nihil (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Editor Perpustakaan UGR |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:14 |
Last Modified: | 21 Aug 2022 05:59 |
URI: | http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
View Item |