PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMK NEGERI 2 SELONG PADA TAHUN 2014/2015

Suryani, Lili (2015) PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMK NEGERI 2 SELONG PADA TAHUN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
LILI SURYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagamaina Variasi mengajar guru, lingkungan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi mengajar guru, dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMK Negeri 2 Selong. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah 23 siswa kelas X Tata Niaga (TTN) SMK Negeri 2 Selong.Terdapat tiga variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu Variasi Mengajar aguru (X1),Lingkungan Belajar siswa (X2), dan Hasil Belajar Siswa (Y). Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah nilai raport. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi dan dokumentasi. Datayang dikumpulkan menggunakan alat kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru (XI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan nilai t hitung sebesar 2,715 lebih besar dari t tabel = 2,012. Dalam hal ini Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai signifikan 0,048 < 0,05, yang berarti apabila variasi mengajar guru dikembangkan maka akan bisa mendukung tercapainya hasil belajar yang tinggi. Hasil belajar siswa disamping dipengaruhi oleh variasi mengajar guru juga dipengaruhi oleh lingkungan belajar siswa, lingkungan belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar ekonomi (Y). Dengan nilai t hitung sebesar 2,411 lebih besar dari t tabel = 2,012. Dengan nilai signifikan 0,019 < 0,05, yang berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi diterima. Kondisi lingkungan yang kondusif serta kelengkapan sarana prasarana juga dapat menunjang hasil belajar siswa.Hal ini menegaskan bahwa variabel bebas (X1) dan (X2) memberikan pengaruh positif bagi hasil (Y) belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Selong tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Variasi Mengajar Guru, Lingkungan Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:36
Last Modified: 21 Aug 2022 06:48
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item