PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MA NW BAGIK PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ma'as, Ma'as (2015) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MA NW BAGIK PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Ma'as.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (133kB)

Abstract

Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak dan dalam keluarga ini dapat ditanamkan sikap-sikap yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan siswa dalam pendidikan. Untuk mencapai prestasi belajar yang cukup tinggi perlu adanya dukungan dari orang tua terutama dari segi sosial ekonomi yang menyangkut dengan biaya pendididkan, karena status sosial ekonomi adalah salah satu faktor yang menentukan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian awal prestasi belajar siswa MA NW Bagik Payung cukup Tinggi. Perumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana gambaran tentang Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa kelas XI MA NW Bagik Payung. Bagaimana Pengaruh Status Sosial Ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Siswa Kelas XI MA NW Bagik Payung. populasi dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X, XI dan XII MA NW Bagik Payung dengan jumlah siswa 80 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas XI MA NW Bagik Payung dengan jumlah 22 siswa diantaranya 4 laki-laki dan 18 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode Angket dan Metode Dokumentasi. Analisis Data Menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan Bantuan SPSS Release 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis Regresi Linier Sederhana di peroleh persamaan X Y 045 , 2 955 , 73   Sehingga Ha diterima. Secara parsial (uji t) Variabel Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X) di peroleh t hitung =1.618 sehingga Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah Status Sosial Ekonomi Orang Tua Sangat Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MA NW Bagik Payung. Saran Penelitian ini, diharapkan kepada madrasah untuk terus memberikan motivasi kepada semua anak didiknya untuk tetap semangat mengikuti pelajaran meskipun status sosial ekonomi orang tuanya beragam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial, Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:40
Last Modified: 21 Aug 2022 06:50
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item