PENGARUH KEAKTIFAN GURU DALAM KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTs.NW LENEK 1 TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Murtini, Murtini (2016) PENGARUH KEAKTIFAN GURU DALAM KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MTs.NW LENEK 1 TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
MURTINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (86kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar diMTs.NW Lenek 1 Tahun pelajaran 2016/207. Penelitian ini terdiri dari dua variabel,yaitu keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (variabel X) dan kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar (variabel Y). Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran terhadap kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar di MTs.NW Lenek 1 Tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran yang mengajar di MTs.NW Lenek 1, sedangkan objeknya adalah pengaruh keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar di MTs.NW Lenek 1 Tahun pelajaran 2016/2017.populasinya adalah 26 orang guru di MTs.NW Lenek 1,karena populasinya kurang dari 100 maka penulis mengambil semua sehingga penelitianya merupakan penelitian populasi. Jadi pengambilan sampel 26 orang. Petode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah wawancara , angket dan dokumentasi.analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier sederhana diproleh persaman Y= 8.679+0.861 X sehingga Ha di terima,secara parsial. (uji t) variabel keaktifan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (X) diproleh t hitumg 6,868,sehingga ha diterima, kesimpulan dalam penelitian ini adalah Keaktifan Guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) berpengaruh terhadap kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar di MTs.NW Lenek 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Guru Dalam Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),Kemampuan Guru Mengelola Proses Belajar Mengajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 22 Jan 2022 06:49
Last Modified: 20 Aug 2022 17:46
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item