PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA NW LEPAK SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hidayah, Nurul (2016) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA NW LEPAK SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
NURUL HIDAYAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI MA NW Lepak Sakra Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI C sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh sebesar 86,55 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 80 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol diperoleh sebesar 61,57 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 40, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil statistik t diperoleh t ������ sebesar 4,608 dan t �� � sebesar 1,980, karena t ������ > t �� � maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada kelas eksperimen adalah 100%, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada kelas kontrol adalah 70,31%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model reciprocal teaching lebih efektif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI MA NW Lepak Sakra Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 untuk pokok bahasan perusahaan jasa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 22 Jan 2022 06:51
Last Modified: 20 Aug 2022 17:47
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item