THE EFFECT OF USING GROUP DISCUSSION METHOD ON ENGLISH READING ABILITY AT MADRASAH ALIYAH NAHDLATUS SHAUFIAH WANASABA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Hadi, Mahyun (2018) THE EFFECT OF USING GROUP DISCUSSION METHOD ON ENGLISH READING ABILITY AT MADRASAH ALIYAH NAHDLATUS SHAUFIAH WANASABA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Mahyun Hadi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah terdapat dampak dari metode diskusi kelompok terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini hanya fokus pada apakah metode diskusi kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuantitatif. Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen untuk penelitian ini. Populasinya adalah siswa kelas sebelas MA.NS Wanasaba di tahun ajar 2018/2019. Data dikumpulkan melalui tiga langkah, langkah yang pertama yaitu tes awal, selanjutnya melakukan perlakuan terhadap sampel yang di uji, langkah yang terahir yaitu tes ahir. Data yang telah diperoleh selanjutnya di analisis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas sebelas MA. NS Wanasaba dapat meningkat dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah metode uji t. Dari hasil uji t bahwa t-test lebih besar dari t-table, dimana pada t-test terletak pada angka 6,85 sedangkan pada t-table menunjukkan angka 1,69. Sedangkan rata rata skor hasil belajar bahasa inggris siswa pada kelas control yaitu 61,12 sedangkan pada kelas percobaan yaitu 72,83. Itu berarti bahwa terdapat pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan membaca siswa. Peneliti menyarankan kepada guru bahasa inggris Madrasah Aliyah Nahdlatus Shaufiah Wanasaba untuk menggunakan metode belajar diskusi kelompok dalam mengajar bahasa inggrishususnya dalam mengajar membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode diskusi kelompok, kemampuan membaca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:07
Last Modified: 18 Aug 2022 11:02
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item