CODE-SWITCHING PRODUCED BY THE ENGLISH TEACHER AT SMK ILHAMI AIKMEL

Utami, Madianti (2023) CODE-SWITCHING PRODUCED BY THE ENGLISH TEACHER AT SMK ILHAMI AIKMEL. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (492kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis alih kode Guru bahasa inggris di SMK Ilhami Aikmel, dan juga untuk mengetahui Faktorfaktor yang mendasari guru bahasa inggris tersebut menggunakan alih kode dilingkungan SMK Ilhami Aikmel atau pada konteks formal dan informal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif karena penelitian ini berusaha untuk memahami serta menafsirkan fenomena yang ada di lokasi penelitian. Peneliti memperoleh data melalui observasi, perekaman dan dokumentasi. Peneliti Menyimpulkan bahwa terdapat penggunaan bahasa Sasak, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru bahasa inggris pada konteks formal dan informal di SMK Ilhami Aikmel. Terdapat peristiwa alih kode secara gramatikal yakni Tag-Switching, Intrasentential-Switching dan Intersentential-Switching yang diusulkan oleh Teori Poplack Serta jenis alih kode secara kontekstual yakni Metaphorical-Switching dan Situasional-Switching yang diusulkan oleh Teori Gumperz and Bloom Yang dilakukan oleh guru bahasa inggris di lingkungan SMK Ilhami Aikmel. Sedangkan, Faktor-faktor yang mendasari guru bahasa inggris tersebut melakukan peralihan bahasa pada konteks formal maupun informal di SMK Ilhami Aikmel, yakni sebagai bentuk reaksi dan penyesuaian situasi pada saat berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Berdasarkan Peristiwa yang terjadi di Lingkungan sekolah tersebut, Secara spesifik disebabkan karena faktor strategi mengajar, Menjelaskan materi di kelas; menerjemahkan kosakata & Kalimat, menekankan kata-kata penting, menggunakan fasilitas tambahan dalam mengajar, memperkuat hubungan, profesionalisme, dan menciptakan humor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Code-Switching, The English Teacher of SMK Ilhami Aikmel, Formal-Informal contexts
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:21
Last Modified: 20 Nov 2023 05:21
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item