PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Apni, Sus (2014) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pembelajaran Akuntansi di SMKN 2 Selong didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah dan pemberian tugas, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan siswa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI KU1 sebagai kelompok eskperimen yang jumlahnya 27 orang siswa dan kelas XI KU2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 85,18, sementara pada kelompok kontrol nilanya 71,56. dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 4,276 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,684 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 03 Aug 2024 06:08
Last Modified: 03 Aug 2024 06:08
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item View Item