AN INVESTIGATION OF STUDENTS STRATEGIES IN READING ENGLISH MATERIALS AT SEKOLAH MENENGAH ATAS MARDHATILLAH NW PENAKAKIN ACADEMIC YEAR 2014/2015

Arsani, M. (2015) AN INVESTIGATION OF STUDENTS STRATEGIES IN READING ENGLISH MATERIALS AT SEKOLAH MENENGAH ATAS MARDHATILLAH NW PENAKAKIN ACADEMIC YEAR 2014/2015. Other thesis, Universitas Gunung Rinjani.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (208kB)
[img] Text
M. ARSANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui strategi siswa dalam membaca materi bahasa Inggris di SMA Mardhatillah NW Penakak Lombok Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observation, angket dan interview. Dalam penelitian ini penulis mengambil satu kelas sebagai sabject yang berisi 32 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi kualitatif yang berisi tiga prosedur yaitu data reduction, data display and conclusion drawing/ verification. Hasil dari angket yang pernah diberikan oleh penulis adalah 15 siswa (5 laki-laki and 10 perempuan) suka membaca materi bahasa inggris dengan menggunakan strategi pertanyaan, 3 siswa (1 laki-laki and 2 perempuan) suka membaca materi bahasa inggris dengan strategi memperidiksi, 1 siswa laki-laki suka membaca materi bahasa inggris dengan metode menyimpulkan dan 14 siswa (4 laki-laki dan 10 perempuan) suka membaca materi bahasa inggris dengan strategi klarifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua strategi membaca yang sering digunakan oleh siswa kelas sepuluh SMA Mardhatillah NW Penakak. Strategi pertanyaan dan Strategi klarifikasi. Strategi pertanyaan sebagian besar dipilih oleh siswa karena membantu mereka mengidentifikasi informasi, judul, dan ide pokok dari teks yang dibaca. Strategi klarifikasi dipilih oleh sebagian besar siswa karena membantu mereka mengidentifikasikan kata yang kurang jelas, referensi yang kurang terkenal dan kalimat yang sulit. Penulis dalam hal ini ingin menyarankan para guru agar mempertimbangkan strategi-strategi dan pengajaran membaca, khususnya dalam mengajar materi reading karena Strategi reading bisa mengarahkan siswa bukan hanya untuk merangkum wacana tetapi juga untuk memahami bacaan secara umum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Siswa, Membaca, Materi Bahasa Inggris (Students, Strategies, Reading, English Materials)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor Perpustakaan UGR
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:24
Last Modified: 19 Aug 2022 01:46
URI: http://repository.ugr.ac.id:1015/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item